Senin, 23 Januari 2017

metode komputasi



TUGAS METODE KOMPUTASI

NAMA           : HENA SURI INTAN PERTIWI
NIM     : H22113007


1.       Jelaskan keguanaan dan berikan contohnya masing-masing:
a)      Framework .NET adalah suatu komponen windows yang terintegrasi yang dibuat dengan tujuan untuk mensupport pengembangan berbagai macam jenis aplikasi serta untuk dapat mejalankan berbagai macam aplikasi generasi mendatang termasuk pengembangan aplikasi Web Services XML.
Framework .NET di design untuk dapat memenuhi beberapa tujuan berikut ini :
  • · Untuk menyediakan environment kerja yang konsisten bagi bahasa pemrograman yang berorientasi objek (object-oriented programming – OOP) baik kode objek itu di simpan dan di eksekusi secara lokal, atau dieksekusi secara lokal tapi didistribusikan melalui internet atau dieksekusi secara remote.
  • · Untuk menyediakan environment kerja di dalam mengeksekusi kode yang dapat meminimaliasi proses software deployment dan menghindari konflik penggunaan versi software yang di buat.
  • · Untuk menyediakan environment kerja yang aman dalam hal pengeksekusian kode, termasuk kode yang dibuat oleh pihak ketiga (third party).
  • · Untuk menyediakan environment kerja yang dapat mengurangi masalah pada persoalan performa dari kode atau dari lingkungan interpreter nya.
  • · Membuat para developer lebih mudah mengembangkan berbagai macam jenis aplikasi yang lebih bervariasi, seperti aplikasi berbasis windows danaplikasi berbasis web.
  • · Membangun semua komunikasi yang ada di dalam standar industri untuk
  • · memastikan bahwa semua kode aplikasi yang berbasis Framework .NET dapat
  • · Berintegrasi dengan berbagai macam kode aplikasi lain.
Contoh-contoh aplikasi nya
  • · Aplikasi console
  • · Aplikasi berbasis windowd (Windows Form)
  • · Aplikasi ASP.NET (berbasis web)
  • · Aplikasi Web Services XML
  • · Aplikasi berbasis Windows Services
b)      Deklarasi variabel adalah suatu deklarasi yang nilai nya sudah pasti, dengan kata lain Deklarasi jenis ini tidak dapat dirubah lagi atau konstan. Pada contoh program diatas, deklarasi variabel untuk x, y dan z berjenis longint ( bilangan bulat dari -2147483648 sampai 2147483648 ) maka dalam program tersebut, hanya bisa dimasukan tipe data yang berjenis tersebut. Pada contoh diatas bila anda memasukan nilai selain tipe tersebut, misalkan anda memasukan angka A pada pada pertanyaan masukan nilai x..= maka program akan error, Nah agar tidak terdapat pesan error pada program tersebut, maka program tersebut harus ditambahkan suatu baris perintah yang berjenis logika jadi bila user memasukan nilai-nilai x,y dan z selain dari jenis tersebut maka akan dikeluarkan suatu peringatan yang memberitahukan user agar memasukan nilai untuk x, y dan z hanya bisa dimasukan oleh type variabel tersebut.

c)      Tipe data pada C#
Meskipun banyak tipe data pada C#, tipe-tipe data yang paling sering digunakan adalah int, double, string, bool dan object. Masing-masing memiliki kegunaannya sendiri:
  • int, digunakan untuk menyatakan suatu bilangan bulat, positif maupun negatif, sebagai contoh jumlah murid dalam satu kelas.
  • double, digunakan ketika kita perlu menyatakan suatu bilangan pecahan, misalkan nilai, harga atau berat. Akan tetapi, double adalah data dengan ketelitian 15-16 digit. Sehingga terkadang tipe data float dengan ketelitian 7 digit lebih disukai untuk contoh contoh tadi, dengan alasan menghemat memori.
  • string, digunakan ketika menyatakan sekumpulan karakter, baik itu nama, kalimat, password ataupun kode. String sesungguhnya merupakan suatu array dari char.
  • bool, bernilai true atau false. Paling sering digunakan untuk menyatakan suatu kondisi, misalnya IsEnabled, IsVisible, SedangHujan, SedangLapar, dan lain lain.
  • object, adalah class dasar dari semua tipe data dalam C#. Digunakan untuk menyatakan tipe data yang tidak pasti.
Tipe-tipe data lainnya adalah:
  • Mirip dengan int: sbyte, short, long, untuk tipe bertanda, byte, ushort, uint, ulong untuk tipe yang tak bertanda
  • Mirip dengan double: float dan decimal
  • char, untuk menyimpan satu karakter
Konversi tipe data antar angka pada C#
Terkadang kita dapat langsung menugaskan nilai antar tipe data yang berbeda. Misalnya jika kita menubaskan suatu nilai int ke variabel long, tidak ada perintah khusus yang dibutuhkan. Jika kita menugaskan tipe data yang lebih kecil ke tipe data yang lebih besar, C# akan secara implisit mengkonversi nilai tersebut. Akan tetapi jika tipe data yang lebih besar ditugaskan ke tipe data yang lebih kecil, diperlukan konversi tipe data. Sebagai contoh:
Penting diketahui bahwa jika suatu tipe data yang lebih besar dikonversi ke tipe data yang lebih kecil, dapat terjadi kehilangan data. Hal-hal ini juga berlaku ketika mengkonversi antara tipe data bilangan bulat dengan tipe data floating point. Selalu ingat bahwa berkurangnya ketelitian dapat terjadi.
Konversi tipe data string pada C#
Tipe yang paling banyak digunakan untuk input, output dan penyimpanan sebetulnya adalah string. Untuk mengkonversi tipe data apapun ke string sesungguhnya cukup sederhana karena setiap tipe data di C# memiliki metode ToString(). Sebagai contoh:
Di sisi lain, agak sulit mengkonversi dari string ke tipe lain. Semua tipe data numerik memiliki metoda Parse dan TryParse. Kita menggunakan ini untuk mengkonversi string ke tipe data numerik. Kita menggunakan Parse ketika kita SANGAT yakin mengenai string yang bersangkutan, ketika kita tidak yakin, kita gunakan TryParse. Sebagai contoh:
Coba masukkan "True" atau "FaLsE" pada prompt pertama, dan input yang valid pada prompt kedua dan ketiga. Program akan mengeluarkan kembali input yang diterima. Kemudian coba masukkan string yang bukan boolean ke dalam prompt pertama, akan terjadi runtime error. Dan terakhir, coba input string yang bukan angka pada prompt ketiga, program akan dengan rapi menampilkan "Tolong input suatu angka". Perlu diperhatikan bahwa runtime error pada saat debugging berarti Critical Error pada software yang sudah jadi. Hal ini harus dihindari semampunya.
Literal pada C#
Istilah literal atau literal constant merujuk pada suatu nilai pada program yang tidak dapat diubah. Kita menggunakan literal untuk menyatakan nilai-nilai. Literal-literal pada C# dijelaskan dalam tabel di berikut:
Tipe data
Literal
Contoh
bool
true atau false
true
int
Bilangan bulat
0, -200, 87329
int
Awalan 0x untuk menyatakan bilangan heksadesimal
0xF, 0xaeaeae
double
Bilangan pecahan dengan titik untuk menyatakan koma
72.59034
double
e untuk menyatakan pangkat sepuluh
6.02e23, 1.602e-19
string
Karakter-karakter yang diapit oleh petik dua
"6f8c11# ^_^ <3"
char
Satu karakter yang diapit oleh petik satu
'K'
Untuk tipe data string, terdapat karakter karakter yang tidak dapat diketik langsung ke dalam petik dua. Untuk mewakili karakter-karakter tersebut, digunakan escape sequences. Escape sequence yang umum digunakan antara lain:
Sebagai contoh apabila kita ingin menampung mysql < "path\ke\file\sqldump" ke dalam suatu string:
string command = "mysql < \"path\\ke\\file\\sqldump\"";
Batas nilai tipe-tipe data numerik pada C#
Bagian ini tidak terlalu penting, jika Anda lebih menghargai waktu dibanding pengetahuan, lewati bagian ini. Salah satu alasan untuk menggunakan tipe data lainnya adalah karena batasan nilai. Batasan nilai pada tiap tipe data di C# dipaparkan pada tabel berikut:
Tipe data
Penjelasan
Batas nilai
sbyte
Bilangan bulat 8 bit bertanda
−128 sampai 127
short
Bilangan bulat 16 bit bertanda
−32,768 sampai 32,767
int
Bilangan bulat 32 bit bertanda
−2,147,483,648 sampai 2,147,483,647
long
Bilangan bulat 64 bit bertanda
−9,223,372,036,854,775,808 sampai 9,223,372,036,854,775,807
byte
Bilangan bulat 8 bit tak bertanda
0 sampai 255
ushort
Bilangan bulat 16 bit tak bertanda
0 sampai 65,535
uint
Bilangan bulat 32 bit tak bertanda
0 sampai 4,294,967,295
ulong
Bilangan bulat 64 bit tak bertanda
0 sampai 18,446,744,073,709,551,615
float
Floating point berketelitian 7 digit
±1.5e−45 sampai ±3.4e38
double
Floating point berketelitian 15-16 digit
±5.0e−324 sampai ±1.7e308
decimal
Bilangan dengan 28-29 angka penting
(-7.9 x 1028 sampai 7.9 x 1028) / (100 to 28)
Bilangan bulat bertanda sesungguhnya menggunakan 1 bit dari ukuran data mereka untuk menyatakan tanda (negatif atau positif). Itulah kenapa batas nilai positif dari tipe tak bertanda dua kali lebih besar dari tipe yang bertanda dengan ukuran data yang sama. Akan tetapi bilangan bulat bertanda sudah jarang digunakan kecuali ketika berurusan dengan antarmuka hardware, pengolahan citra, atau pemrograman tingkat rendah lainnya. Dan juga di sarankan hindari menggunakan tipe data decimal karena tipe data ini tidak lazim pada bahasa pemrograman yang lain.
a.       -for. Bentuk umum pernyataan for sebagai berikut :
for ( inisialisasi; syarat pengulangan; pengubah nilai pencacah )
Bila pernyataan didalam for lebih dari satu maka pernyataan-pernyataan tersebut harus diletakan didalam tanda kurung.
for ( inisialisasi; syarat pengulangan; pengubah nilai pencacah )
{
pernyataan / perintah;
pernyataan / perintah;
pernyataan / perintah;
}
Keterangan:
* inisialisasi : nilai awal pada variabel
* syarat pengulangan : hal yang menentukan apakah suatu perulangan diteruskan atau dihentikan.
* pengubah nilai pencacah : pengatur nilai kenaikan atau penurunan nilai pencacah.

Contoh1:
/* ————————— */
/* Program for – bilangan naik */
/* ————————— */
#include
#include
#include
main()
{
int a;
clrscr();
for(a = 1; a <= 10; ++a)
cout<<a;
getch();
}

Contoh2:
/* ——————————*/
/* Program Menampilkan Warna – 1 */
/* ——————————*/
#include
#include
main()
{
int a=2, b=1, c=2, d=1, e;
clrscr();
for(e=1; 17>e; e++)
{
gotoxy(e, e); textcolor(e);
cprintf(“\nwarna ke-%d”,e);
}
getche();
}

Keterangan:
cprintf() = Menampilkan data dengan format pewarnaan teks dan pewarnaan latar belakang.

1.      while merupakan instruksi perulangan yang mirip dengan perulangan for. Bentuk perulangan while dikendalikan oleh syarat tertentu, yaitu perulangan akan terus dilaksanakan selama syarat tersebut terpenuhi.
Bentuk umum perulangan while, sebagai berikut :
while ( syarat )
Pernyataan / perintah ;
Contoh5:
/* Program while01.cpp */
/* ——————- */
#include
#include
#include
main()
{
int bil=1;
clrscr();
while(bil<=10)
{
cout<<bil<<" ";
++bil;
}
getch();
}

2.      do – while merupakan bentuk perulangan yang melaksanakan perulangan terlebih dahulu dan pengujian perulangan dilakukan dibelakang.
Bentuk umum perulangan do – while, sebagai berikut :
do
pernyataan / perintah ;
while ( syarat );
contoh6:
/* Program do – while */
/* —————— */
#include
#include
#include
main()
{
int bil=2;
clrscr();
do
{
cout<<bil<<" "; bil+=2;
}
while(bil<=10);
getch();
}




2.       Dengan menggunakan Pemrograman C#, maka dapat dibangun/dibuat program aplikasi berbasis console maupun visual (windows). Jelaskan apa yang dimaksud program aplikasi berbasis console dan visual, berikan contoh outputnya.

3.      Console programming: pemrograman berbasis teks untuk mengakali ruang antarmuka pengguna yang sempit, misalnya BASIC, hingga PowerShell,
4.      Visual programming: pemrograman dengan target antarmuka berbasis grafis/GUI, misalnya Visual Basic, Delphi, dll.

3.       Jelaskan langkah-langkah yang ditempuh untuk membuat suatu program aplikasi dengan C#
5.      langkah pertama nyalakan laptop attau pc
6.      kemudian buka microsoft visual studio 2010 yang sudah terinstal
Description: Description: 1
7.      pilih new project
Description: Description: 2a

8.      kemudian pilih windows form aplication dan ketikan di location dimana file yg akan di buat disimpan.pada project ini disimpan dalam data D di folder ms. visual studio
Description: Description: 3a
9.      setelah itu tampil lah form1 yang akan qt kerjakan
Description: Description: 4


10.   dipojok kanan bawah kita ganti nama formnya seperti gambar di atas
Description: Description: 5
11.  setelah itu mari kita mainkan toolboxnya seperti gambar di atas pertama kita kasih judul dan hurufnya bisa di ganti ganti
Description: Description: 6

12.  sesudah itu buat text box dan label .”jumlah sks” dan biaya per sks
Description: Description: 7
Description: Description: 9

13.  atur posisi tombol, label dan text box seperti di atas
Description: Description: 10
14.   untuk mengubah warna tulisannya ikuti cara berikut
Description: Description: 12Description: Description: 13
15.  lihat pada kolom disamping kanan pilih warna kesukaanmu.contoh “merah”
Description: Description: 14
16.  sebelum kitamembuat coding alangkah indanya qt beri nama text box dan tombol2nya seperti berikut
Description: Description: 15
17.   kalau sudah di beri nama mari kita mulai coding sederhana.caranya “double click pada button OK maka akan muncul tampilan seperti berikut
Description: Description: 16
18.  double klik ok dan tuliskan kode seperti lingkaran besar  dan double klik btton exit dan ketikan kode “end” fungsi end untuk keluar ari aplikasinya
19.   kalo udah mari kita Run
Description: Description: 17Description: Description: 19
20.  kita coba memasukkan  angka misalnya 22 sks dg harga per sksnya Rp. 37.500
21.  kemudian di edit dg logo..caranya klik toolbox >> picture box >> ambil gambar dari folder kita terus muncul .untuk memperkecil gambarnya lihat di propertise di bawah kanan,.nah klik panah ke bawah “size”
22.  pilih stright size
23.  maka logo akan menjadi seperti berikut
Description: Description: 22


1.      Buatlah program untuk formula di bawah ini :
Jawabannya :
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;

namespace ConsoleApplication1
{
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {
             int pilihan;
            Console.WriteLine("Sesismik refraksi 3 layer");
            Console.WriteLine("1. menghitung T_1  ");
            Console.WriteLine("2. menghitung T_2  ");
            Console.WriteLine("3. menghitung T_3  ");
            Console.Write("silahkan pilih apa yang ingin anda hitung  (1/2/3) : ");
            pilihan = Convert.ToInt16(Console.ReadLine());
            if (pilihan == 1)
            {
                double T_1, h_1, v_1, sudut_teta, sudut_radian;
                Console.Write(" input nilai h_1 :  ");
                h_1 = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());

                Console.Write(" input nilai v_1 :  ");
                v_1 = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());

                Console.Write(" input sudut alpa (derajat) : ");
                sudut_teta = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());

                sudut_radian = (sudut_teta * Math.PI / 180);

                T_1 = (2 * (h_1 / v_1)) * sudut_radian;
                Console.WriteLine(" T_1 : " + T_1);
                Console.ReadLine();
            }
            if (pilihan == 2)
            {
                double T_2, V_1, V_2, h_1, h_2, sudut_teta, sudut_radian;

                Console.Write(" input nilai h_1 :  ");
                h_1 = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());

                Console.Write(" input nilai h_2 :  ");
                h_2 = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());

                Console.Write(" input nilai V_1 :  ");
                V_1 = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());

                Console.Write(" input nilai V_2 :  ");
                V_2 = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());

                Console.Write(" input sudut alpa (derajat) : ");
                sudut_teta = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());

                sudut_radian = (sudut_teta * Math.PI / 180);

                T_2 = 2 * (((h_1 / V_1) * sudut_radian) + ((h_2 / V_2) * sudut_radian));
                Console.WriteLine(" T_2 : " + T_2);
                Console.ReadLine();
            }
            if (pilihan == 3)
            {
                double T_3, V_1, V_2, V_3, h_1, h_2, h_3, sudut_teta, sudut_radian;

                Console.Write(" input nilai h_1 :  ");
                h_1 = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());

                Console.Write(" input nilai h_2 :  ");
                h_2 = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());

                Console.Write(" input nilai h_3 :  ");
                h_3 = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());

                Console.Write(" input nilai V_1 :  ");
                V_1 = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());

                Console.Write(" input nilai V_2 :  ");
                V_2 = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());

                Console.Write(" input nilai V_3 :  ");
                V_3 = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());

                Console.Write(" input sudut alpa (derajat) : ");
                sudut_teta = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());

                sudut_radian = (sudut_teta * Math.PI / 180);

T_3 = 2 * (((h_1 / V_1) * sudut_radian) + ((h_2 / V_2) * sudut_radian)   + ((h_3 / V_3) * sudut_radian));
                Console.WriteLine(" T_3 : " + T_3);
                Console.ReadLine();
            }
            else
                Console.Write(" MAAF PILIHAN ANDA SALAH");
            Console.ReadLine();
        }
    }
}





Tidak ada komentar:

Posting Komentar